Monday, February 07, 2005

melatih berpikir : konteks, atribusi, dan perceived behaviour

mana diantara ketiga hal itu yang paling berpengaruh dalam dinamika sosial?

manusia selalu berada dalam lingkup waktu dan konteks peristiwa yang selalu hidup dari kontribusi perilaku antar manusia dan fenomena aktif yang terus bekerja membentuk kejadian.

mengapa satu peristiwa bisa menjadi satu pengalaman, membangun pengetahuan, berkembang menjadi keilmuan, atau membentuk sejarah?

hal ini adalah karena manusia secara aktif membentuk diri dan lingkungannya. dengan atribusi sosial yang bekerja secara aktif, mempengaruhi kita dalam membentuk sikap dan perilaku kita, dan dapat merubah karakter dan kebiasaan yang kita miliki.

lebih sering kebanyakan orang bekerja dengan template kognisi perceived behavior yang bekerja aktif dibandingkan dengan membentuk dan memiliki sikap sendiri. dan parahnya lagi, perceived behavior ini tidak hanya bekerja dalam lingkup perilaku saja, tapi kebanyakan sudah menjadi cara berpikir, membentuk sudut pandang yang kaku.

akhirnya, tak ada yang tahu atau mampu memahami konteks dan peristiwa yang ada di sekelilingnya dengan sebenar-benarnya, secara jujur, dan menjadi jeli.

melatih berpikir :
hanya sebuah upaya pencahayaan, untuk diri sendiri, agar tidak terjebak dalam perceived behavior template bentukan lingkungan,
dan kehilangan jati diri.

semoga bisa mencerahkan siapapun juga.
manusia, dunia, dan pertanggungjawaban atasnya.

own definition:
konteks : kerangka waktu dan situasi dari peristiwa berkaitan dengan situasi sosial, peristiwa, dan manusia yang terlibat di dalamnya
atribusi : apa yang dipandang orang lain dari diri orang lain, bisa menjadi satu label. dilakukan secara aktif dan alami dalam mekanisme sosial psikologi sebagai wadah dari manusia dalam memahami lingkungannya. membagi manusia berdasarkan label-label sosial yang ada.
perceived behaviour : pandangan untuk membuat suatu perilaku yang dianggap diharapkan oleh orang lain untuk kita lakukan. dipengaruhi oleh keberadaan dan pengaruh sejumlah komponen yang dianggap signifikan oleh individu tersebut.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home