Tuesday, September 07, 2004

TARHIB RAMADHAN

Said Hawwa menuliskan dalam Buku Al Islam (1) Tindak Lanjut Syahadatain bahwa pada hakikatnya Ramadhan merupakan madrasah, jika orang yang berpuasa pandai memanfaatkannya. Mereka akan menjadi manusia baru, tidak seperti sebelumnya. Ramadhan adalah madrasah tempat seorang Muslim memperbarui ikatan-ikatan Islam pada dirinya dan mengambil bekal yang dapat menutupi segala kekurangan sebelumnya. Ramadhan adalah sebuah latihan (dauriyah) bagi kaum Muslimin untuk menyambut dunia baru dan meninggalkan dunia lama. Dunia yang penuh cita-cita, semangat dan kehidupan baru serta harapan yang membebaskan mereka dari keserakahan dunia dan mengingatkan akhirat serta Ridha Allah sebagai puncak tujuan yang tidak boleh hilang dari hati kaum Muslimin. Di bulan Ramadhan kaum Muslimin menyemarakkan masjid dengan berbagai halaqah ilmu, pengajian, dan dzikir. Sehingga orang yang dahulunya bodoh, di bulan Ramadhan, menjadi mengerti, yang dulunya lalai menjadi sadar dan yang dulunya acuh tak acuh menjadi ingat. Di bulan Ramadhan seluruh kaum muslimin mendapatkan Islam.
Diriwayatkan dari Abu Hurairah Ra. bahwa Nabi Saw. bersabda ketika datang bulan Ramadhan yang artinya :
“Sesungguhnya telah datang kepadamu suatu bulan yang penuh berkah dimana Allah mewajibkan kepadamu berpuasa kepadanya. Pada bulan itu dibukakan pintu-pintu surga dan ditutupi pintu-pintu neraka. Setan-setan dibelenggu. Padanya satu malam yang nilai beramal padanya lebih baik dari seribu bulan, maka barangsiapa yang tidak berhasil memperoleh kebaikannya maka sungguh dia tidak akan dapat lagi memperoleh kebaikan selama-lamanya”.
Dan :
“Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan dengan dasar Iman dan mencari pahala dan Ridho Allah, Allah mengampuni dosa-dosanya yang telah lewat”. (HR. Bukhari dan Muslim).
Berbagai peristiwa penting yang terjadi bulan Ramadhan
· Nuzulul Qur’an
· Lailatul Qadar
· Perang Badar
· Turunnya wahyu pertama di Gua Hira
· Meninggalnya paman Nabi tercinta, Abu Thalib
· Tanggal 10 Ramadhan tahun ke sepuluh dari masa kenabian, Khadijah binti Khuwailid, istri Nabi Saw. meninggal dunia, dan tahun ini disebut ‘Amul Huzni (tahun duka cita).
· Mulainya diwajibkan Zakat Fitrah, yaitu tahun ke dua Hijriyah.
· Orang-orang musyrikin yang lari dari peperangan Badar menyusun kembali kekuatan mereka untuk membalas kekuatan tentara Islam, sehingga terjadi perang Uhud pada tanggal 7 Syawal tahun ke-3 Hijriyah.
· Pada Bulan Ramadhan tahun ke-5 Hijriyah dimulainya persiapan untuk Perang Khandak.
· Pada tanggal 21 Ramadhan tahun ke-8 Hijriyah Rasulullah menerima wahyu kabar gembira akan ditaklukannya kota Mekkah.
· Bulan Ramadhan tahun ke-8 Hijriyah Rasulullah mulai mengirim beberapa utusan untuk menghancurkan berhala-berhala yang terkenal waktu itu.
· Bulan Ramadhan tahun ke-9 Hijriyah terjadi Perang Tabuk dan Rasulullah kembali dari peperangan itu pada bulan yang sama.
· Pada tahun ke-9 Hijriyah di Bulan Ramadhan utusan Thaif datang ke Madinah untuk menyatakan diri masuk Islam di hadapan Rasulullah.
· Tahun ke-9 Hijriyah utusan raja-raja Himyar mengatakan diri masuk Islam dan Rasulullah memberikan mereka surat penting yang berisi kewajiban-kewajiban agama dan hukum-hukum yang kemudian surat tersebut dinilai sebagai dokumen penting.
· Pada tahun ke-10 Hijriyah Rasulullah mengutus Ali bin Abi Thalib ke Yaman dengan membawa surat dari Nabi untuk penduduknya, khususnya kabilah Hamadan yang seluruhnya masuk Islam dalam satu hari, dan lain-lain.

Apa yang bisa kita lakukan dalam menyambut Ramadhan
· Memperbanyak puasa pada bulan Sya’ban
· Membuat acara tarhib (memberi peringatan) akan datangnya Ramadhan
· Menyambut Ramadhan dengan berbagai kegiatan
· Mempersiapkan kegiatan bersama yang akan dilakukan dalam masa Ramadhan
· Membuat target Ramadhan
Keutamaan Shaum Ramadhan
Firman Allah dalam Surat Al Baqarah ayat 183 yang artinya :
“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”.

Sehubungan dengan hal ini Rasulullah Saw bersabda :
“Berpuasalah kalian karena melihatnya (bulan) dan berhari raya-lah karena melihatnya. Jika awan menutupi kamu, maka sempurnakanlah bilangan Sya’ban itu tiga puluh hari.” (HR. Bukhari)

Shaum wajib adalah menahan diri dari segala yang membatalkannya dari terbit fajar hingga terbenam matahari, dengan niat shaum semata-mata karena Allah, karena Iman kepadaNya, kitabNya, syari’atNya, serta karena ikhlas beramal kepadaNya. Keutamaan Shaum Ramadhan adalah :
a. Sebagai sarana untuk meningkatkan takwa kepada Allah SWT
Dengan berpuasa paling tidak seseorang dengan senantiasa ingat kepada penciptanya, sehingga dia dapat menjaga diri dari semua hal yang dilarang oleh Allah SWT, mengendalikan hawa nafsu dan menundukkannya kepada hukum dan peraturan Allah SWT. Allah berfirman dalam Surat Al Baqarah ayat 183 yang artinya :
“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”.

Juga firmannya dalam Surat Al Baqarah ayat 187 yang artinya :
“Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayatNya kepada manusia supaya mereka bertakwa”

b. Mempunyai dampak positif bagi kesehatan baik rohani maupun jasmani, namun kebanyakan orang tidak mengetahuinya.
Allah SWT berfirman dalam Surat Al Baqarah ayat 184 yang artinya :
“Dan berpuasa itu lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahui.”

c. Sebagai sarana untuk mensyukuri nikmat Allah SWT. dan mengagungkan kebesaranNya secara amaliah.
Allah SWT berfirman dalam Surat Al Baqarah ayat 185 yang artinya :
“Supaya kamu membesarkan Allah atas petunjuk-petunjuknya yang telah diberikan kepadamu dan agar kamu bersyukur.”

d. Sarana untuk mencari hidup, kebenaran dan penghambaan yang hakiki
Allah SWT berfirman dalam Surat Al Baqarah ayat 186 yang artinya :
“Hendaklah mereka beriman kepadaKu, agar mereka selalu berada dalam kebenaran”.

e. Sebagai tempat menuai pahala, kebaikan dan ampunan
Diriwayatkan dari Abi Sa’id Al Khudry Ra. bahwasanya Rasulullah Saw bersabda yang artinya :
“Tidaklah berpuasa seorang hamba selama satu hari fisabilillah melainkan Allah SWT akan menjauhkan diri orang itu dari api neraka selama tujuh puluh tahun”.(HR. Jama’ah kecuali Abu Daud).

f. Untuk mendapatkan Syafa’at dariNya
Sebab dengan syafa’at Allah tersebut, nanti pada hari kiamat puasa akan menggunakan haknya utnuk menolong orang-orang yang mengerjakannya.
Diriwayatkan dari Abdullah bin Amir Ra. bahwa Rasulullah bersabda yang artinya :
“Puasa dan Al Qur’an itu akan memberi syafa’atbagi seorang hamba di hari kiamat. Berkata puasa : “Ya Tuhan aku menyebabkan dia menahan makan dan syahwatnya di siang hari, maka berilah aku izin untuk memberi syafa’at untuknya dan berkata Al Qur’an : “Aku mencegah dia tidur di malam hari karenanya izinkanlah aku memberi syafa’at untuknya”. Maka Syafa’at keduanya diterima oleh Allah.” (HR. Ahmad dengan sanad yang shahih).

g. Ganjaran puasa yang tidak terbatas
Puasa itu adalah untuk Allah SWt, dan Dia-lah yang memberi ganjarannya. Diriwayatkan dari Abu Hurairah Ra. : bahwa Rasulullah Saw. bersabda yang artinya :
“Allah Azza wa Jalla berfirman : “Semua amalan manusia untuk dirinya, kecuali puasa, maka ia adalah untuk-Ku, dan Aku-lah yang akan memberinya ganjaran. Dan puasa itu merupakan benteng (perisai), maka ketika datang saat berpuasa, janganlah kamu berkata kotor, berteriak-teriak, mencaci maki. Seandainya dicaci oleh seseorang atau diajak berkelahi hendaknya ia menjawab : “Saya ini sedang berpuasa”2x. demi Tuhan yang nyawa Muhammad ada di tanganNya, bau mulut orang yang berpuasa itu akan mendapat dua kegembiraan yang menyenangkan hati. Pada saat berbuka, ia akan bergembira dengan berbuka itu, dan disaat dia bertemu dengan Tuhannya, ia akan bergembira karena puasa itu”. (HR. Ahmad, Muslim, dan Nasa’i).

h. Disiapkan tempat khusus di akhirat
Mengenai hal ini, terdapat beberapa riwayat yang bisa kita pelajari, diantaranya :
1) Diriwayatkan dari Sahal bin Sa’ad Ra bahwasanya Rasulullah Saw bersabda yang artinya :
“Sesungguhnya surga itu mempunyai sebuah pintu disebut “Rayyan”. Dipanggillah pada hari kiamat : “Hai, mana orang-orang yang berpuasa?” jika telah masuk orang yang terakhir dari mereka, ditutupkan pintu surga itu”. (HR. Bukhari dan Muslim)

2) Diriwayatkan dari Umamah Ra. ia berkataaku datang kepada Rasulullah Saw. dan kataku : “Suruhlah aku untuk melakukan suatu amal yang dapat memasukkan aku ke dalam surga!” maka Rasulullah Saw bersabda yang artinya :
“Hendaklah kamu berpuasa, karena itu tak ada tandingannya. Lalu saya pun mendatangi Nabi Saw. untuk keduanya, maka beliau bersabda : “Hendaklah kamu berpuasa”. (HR. Ahmad, Nasa’I dan Al Hakim, menyatakannya sebagai hadits Shahih).

3) Diriwayatkan dari Abu Hurairah Ra. dia berkata, bahwa Rasulullah Saw bersabda yang artinya :
“Barangsiapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan karena keimanan dan mengharapkan keridhoan Allah SWT akan diampuni dosa-dosanya yang telah lewat.” (HR. Ahmad dan Ash Hubus Sunan).

Amalan-amalan yang dianjurkan pada bulan Ramadhan
a. Qiyam Ramadhan (Shalat Tarawih dan Shalat Witir)
b. I’tikaf
c. Memburu Lailatul Qadar
d. Banyak berdo’a
e. Tidak melakukan hal-hal yang bisa mengurangi pahala puasa
f. Bersiwak
g. Giat membaca dan mempelajari Al Qur’an
h. Memperbanyak bersedekah dan beramal kebajikan

Sumber Referensi :
 Sa’id Hawwa. 1397 H. Al Islam, Tindak Lanjut Syahadatain. Al Ishlahy Press : Jakarta.
 Sasaky, Marsuni & Hasbullah, Marsuni. 1997. Seluk Beluk Ramadhan dan amalan-amalannya sesuai dengan Sunnah Rasul. CV. Sa’adiyah Putra : Jakarta

6 Comments:

At 6:50 PM, Blogger Panggih Waluyo said...

salam kenal bu,
saya numpang copy artikel
jazakillah

 
At 8:40 PM, Blogger widi said...

Minta izin copy artikel bu.
Jazakillah

 
At 7:49 AM, Anonymous Anonymous said...

Ass..WW, bu ijin mau copy artikel..

 
At 7:12 PM, Anonymous Anonymous said...

Ijin copy ya :) jzkh

 
At 1:50 AM, Anonymous Anonymous said...

Assalamu'alaikum...
ukhti ijin copy artikelnya ya, jazakillah

 
At 4:25 AM, Anonymous Anonymous said...

Ukh,ijin copas yaa

 

Post a Comment

<< Home