Thursday, July 01, 2004

Psikologi Remaja

Remaja adalah masa peralihan dari masa kanak-kanak menuju dewasa, bukan masa transisi yang selama ini digaungkan. Karena mereka dicap tengah mengalami kegamangan, akibatnya, sebagian remaja yang sewaktu kanak-kanak telah dididik dengan baik oleh orangtuanya merasa perlu mencari identitas baru, identitas yang berbeda dari yang mereka miliki sebelumnya. Apa akibatnya ? Ada remaja kita yang terjebak dalam arus coba-coba. beberapa remaja putri mencoba berbagai dandanan, make up dan aksesoris yang menyeret mereka pada perilaku konsumtif dan kecenderungan tabarruj, sementara yang putra mulai membolos sekolah dan merokok. Beberapa mencandu narkoba dan bergaul terlalu bebas.
Dalam Islam, masa remaja berarti mulainya masa akil baligh. Keadaan fisik, kognitif (pemikiran) dan psikososial (emosi dan kepribadian) remaja berbeda dengan keadaan pada tahap perkembangan lain. Karena sudah baligh, mereka menanggung kewajiban beribadah wajib. Kewajiban menunaikan ibadah wajib ini ditunjang oleh perubahan raga yang makin menguat dan membesar, sekresi hormon baru, dan perubahan taraf berfikir mereka. Namun kematangan organ internal tubuh mereka tidak serta merta membuat mereka lebih matang perasaan dan pemikirannya.
Secara fisik, remaja mampu melaksanakan puasa dan shalat, maupun perjalanan haji, walaupun umumnya mereka belum memiliki kemandirian untuk membayar sendiri zakatnya. Secara kognitif, remaja mampu memaknai makna yang mendalam dari dua kalimat syahadat. Remaja makin mampu menangkap dan memahami konsep-konsep abstrak yang sebelumnya hanya mereka pahami sebagai pengetahuan satu arah. Mereka mampu memaknai ayat dan hadits-hadits yang mereka pelajari sewaktu kecil, dan mampu menangkap fenomena alam sebagai bukti dari keberadaan 4JJ1.
Proses ini bila tidak ditunjang dengan tuntunan dan bimbingan yang tepat, dapat membuat pencarian mereka atas nilai dan tujuan hidup mereka tidak terpenuhi, atau didapat dari sumber lain yang telah terkorosi oleh hawa nafsu manusia dan disesatkan oleh syaithan. Na’udzubillahi min dzalik.
Bagaimana pementor dapat membantu remaja yang dibinanya ?
Pertama, mereka harus diingatkan pada fitrah keislamannya. Tingkatkan keimanan mereka, Buat mereka nyaman berIslam, bersentuhan langsung dengan nilai-nilai kebenaran yang terkandung dalam Islam dan buat mereka patuh akan kewajiban sebagai seorang muslim dengan cara-cara yang baik.
Kedua, bantu remaja untuk mengerti perubahan-perubahan yang dialaminya. Hormon-hormon baru yang mereka miliki menghasilkan dorongan-dorongan fisik yang harus mereka kelola. Mentor dapat membantu mereka untuk menumbuhkan kendali diri (self control) yang Islami. Ajarkan bahwa wudhu dapat menurunkan kemarahan dan meredam emosi, shalat bisa mencegah mereka dari perbuatan keji, dan puasa dapat mematangkan emosi dan menumbuhkan kemandirian mereka. Tumbuhkan Izzah (kebanggaan) mereka sebagai muslim. Dorong mereka untuk menjaga kesehatan, mengapai prestasi, sehingga mereka mampu menjadi qudwah di lingkungannya.
Ketiga, dekatkan mereka pada Al Qur’an. Buat mereka suka berinteraksi dengan Al Qur’an dan terbiasa. Kedekatan remaja dengan Al Qur’an akan menjaga mereka dari pengaruh buruk.
Keempat, tumbuhkan Muraqabah mereka pada 4JJ1. Ingatkan mereka untuk takut pada 4JJ1 dan pengawasannya yang tak pernah henti, tanamkan rasa malu dan ajarkan tentang akhlak tehadap diri sendiri. Mentor dapat lebih membantu dengan memberikan contoh-contoh perilaku yang terpuji yang bisa mereka ikuti
Membahas tentang remaja tidak ada habis -habisnya. Membina remaja tidak ada henti-hentinya. Kita mengharapkan 4JJ1 dapat melapangkan dada-dada mereka untuk mau menerima hidayah yang datang melalui lisan kita, memudahkan usaha kita, mengeratkan hati kita dan mereka, dan semoga, walaupun mungkin lama, 4JJ1 menggabungkan kita dan mereka dalam barisan pengemban risalahNya. Amiin Yaa Rabbal ‘alamin.

18 Comments:

At 1:13 AM, Anonymous Anonymous said...

assalamualaikum wr wb,

salam kenal. Saya tertarik dengan tulisan anda saya zin mengambil beberapa cuplikan untuk pengembangan wawasan...........

vee

 
At 1:19 AM, Anonymous Anonymous said...

Assalamualaikum wr wb.

Salam kenal, nama saya fidi, saya tertarik pada dunia remaja, saya butuh masukan dari anda tentang pernak-pernik membina remaja, dapatkah anda mengirimkan kepada saya sepenggal kisah menarik anda dalam membina remaja ? anda dapat kirim ke fidi202@yahoo.com

 
At 11:05 PM, Anonymous Anonymous said...

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Saya sangat tertarik banget sama tulisan anda, saya mohon izin untuk mengambil tulisan anda untuk bahan kajian kami di SMA Muhammadiyah Cirebon. Mohon dikirim dong kalo ada tulisan yang baru....ke july_myq@yahoo.com. Thanks
Wassalamu'alaikum Wr.Wb

Jully"

 
At 8:29 PM, Anonymous Anonymous said...

assalamu'alaikum wr.wb.
saya meng-copy beberapa dari tulisan antum, insya Allah sangat bermanfaat.
ditunggu tulisannya yang lain
jazakumullah khoiron katsiro

salam kenal
=piet=

 
At 2:21 AM, Anonymous Anonymous said...

assalammu'alaikum. wr.wb
saya sangat tertarik dengan cara anda berfikir. saya ingin sekali menjadi orang yang bermanfaat baagi orang lain. tolong dong bagaimana kita dapat membentuk pola pikir seperti anda.
jazakumulla syukran katsiroo

 
At 6:54 PM, Anonymous nurul said...

assalamu'alaikum wr wb,
salam kenal, nama saya nurul. saya tertarik dengan tulisan anda,sekalian minta izin untuk meng-copy tulisan ini untuk pengembangan wawasan pengelola da'wah remaja di palangka raya. ditunggu tulisan-tulisn lainnya
wass - nurul -

 
At 11:37 PM, Anonymous Anonymous said...

aSs...
TuLisannya Bagus...!!!
aq,Mo Copy yaCh Bwt BikIn artIkeL...

TaMbaHin Lagi Yah...!!!
di Tunggu LoeH...

 
At 7:45 PM, Anonymous Anonymous said...

Ass...
Hai Q Abie
Ane lagi butuh panduan buat bahan seminar remaja untuk itu minta izin unt7uk sedikit ngutip gitu.....tank's gitu

 
At 4:11 PM, Anonymous picca said...

terima kasih.postingnya bermanfaat :)

 
At 12:41 AM, Anonymous Anonymous said...

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Sebelaku orang tua saya salut dengan tulisan embak, saya berharap juga di selipkan beberapa teori yang lebih dahulu ada yang senada, penulisnya atau beberapa dalil yang mendukung pendapat saudara sebagai rujukan, walaupun saya yakin pendapat embak benar dan tidak bertentangan,
saya minta ijin untuk memakai beberapa kalimat embak.
makasih

pak pri pekalongan

 
At 9:39 PM, Anonymous INA NKS said...

Asslamu'alaikum Wr. Wb
semoga barakah serta rahmat ALLAH selalu tercurah pada Qta semua...Salam kenal..!!Aq Ina dari SMA N 1 Slogohimo, Wonogiri..Buat Penulisnya,ana mohon izin ngutip isinya yea...Coz ana kekurangan referensi boeat karya tulis..Buat seluruh pelajar di Indonesia, Salam knal!!Buat kamu yang doyan sms Hub Q di 085280788271 Oce!!Biar hub Ukhuwah bisa Selalu terjalin.....La Izzata Illa bil Islam..!!!ALLAHUAKBAR...!!!!

 
At 7:40 AM, Anonymous Putra said...

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Salam kenal.Saya salut dengan penulis dan karyanya.Semoga penerapan ilmu yang dimilki mampu memberikan perubahan dan pencerahan untuk remaja bangsa dan agama tercinta. Amin.

 
At 9:56 AM, Anonymous iGadGet said...

artikel yang bagus sekali mas
ditunggu updatenya
makasih buat infonya

 
At 1:37 PM, Anonymous elpe said...

sorry...cos Q lum baca semuanya. lain kali aja. sekarang cuma mau nyapa, lam kenal.

 
At 3:43 AM, Anonymous Anonymous said...

Ass. wr. wb

terima kasih atas artikel tentang psikologi remaja yang ditulis oleh anda
artikel telah membantu saya mengerti tentang para remaja.

 
At 10:27 PM, Blogger zenith enchanted said...

mau dunks langganan blog nya mbak,........kirim link ato postingan nya ke megamizenithsweet.blogspot.com yah.......... thx

 
At 2:14 PM, Anonymous Anonymous said...

aslmkm war. wab.
Sebelumnya. salam ukhuwah islamiah. Bravo.. sangat menarik sekali membaca artikel mbak dengan style bahasa yang familiar dan mudah dicerna, serta penuh dengan makna.. terima kasih mbak. ditunggu artikel selanjutnya.
salam kenal Abdullah Alfaqir.(AlAzieday.blogspot.com).

 
At 6:56 PM, Anonymous Anonymous said...

sdh saatnya diperbanyak mentoring2 untuk remaja di tiap lingkungan RT. ini langkah prefentif dan juga sangat efektif menekan prilaku remaja yang cenderung kurang stabil.
yuk bikin gerakan mentoring2 bagi para remaja...
smoga dapat kita rebut lagi islam dan perabadannya menjadi rahmatan lil 'alamin..

 

Post a Comment

<< Home